Tips Berlatih Beladiri Praktis Untuk Meningkatkan Kemampuan



Dalam Seni beladiri praktis apalagi yang sering digunakan dalam bertarung, pasti sangatlah perlu untuk tidak melewatkan hal - hal penting seperti berikut :

1. Speed / kecepatan
2. Kekuatan (Stamina)
3. Power atau dapat kita sebut juga tenaga dalam

1. Speed atau Kecepatan
Beladiri Praktis

Speed atau  Kecepatan dalam seni beladiri adalah point yang tidak bisa kita kesampingkan, khususnya dalam bertarung.  Maka pas jika istilah “ siapa cepat ia dapat” kita junjung tinggi disini, artinya dengan speed yang begitu tinggi petarung bisa menggunakan celah dalam pertarungan sehingga dapat mendaratkan pukulan atau serangan di titik pusat yang melumpuhkan gerakan lawan bahkan tanpa dia sadari.

2. Kekuatan (Stamina)

Kekuatan (stamina).  stamina  merupakan hal yang tak kalah pentingnya untuk digunakan dalam pertarungan dengan cara beladiri praktis, mengapa ? coba kamu bayangkan jika kondisi stamina kesehatan yang melemah  tentunya seorang petarung juga bakal drop pula kekuatan  pukulannya demikian juga dengan tangkisan serta daya tahannya. Sebab stamina  itulah modal dasar dalam  serangan dan bertahan untuk mengalahkan lawan kita.

3. Power atau tenaga dalam

Power dapat juga disebut tenaga dalam juga menjadi modal penting dalam menggugurkan lawan, namun seorang petarung untuk dapat menghunus jantung pertahanan lawan diperlukan kecepatan. Sehingga  disaat kamu menyerang lawan yang mencoba bertahan, andalkan kecepatan, tapi setelah kamu melihat peluang/celah  yang bagus untuk menjatuhkan lawan tentunya juga dikombinasikan menggunakan Power atau Tenaga Dalam.

Namun umumnya yang sering kita lihat dalam setiap perguruan beladiri ada yang mengandalkan ketiga hal tersebut ada juga yang lebih memfokuskan salah satunya  untuk mendominasi gerakan. Bahkan banyak juga praktisi beladiri yang terlalu mengandalkan Power Tenaga Dalam (TD) dibanding Speed/Kecepatan.
Jika seorang yang berlatih beladiri mempunyai modal tersebut diatas bisadipastikan akan menjadi praktisi beladiri yang tangguh dan sulit untuk dilumpuhkan.  ( ditambah lagi jika ia mampu memanfaatkan waktu, kosentrasi penuh dan waspada).

Dibawah ini merupakan tips tambahan untuk menambah dan mengasah kemampuan tersebut yaitu:

1. Berlatih dengan tekun dan sungguh-sungguh


Sudah menjadi keharusan dalam mempelajari apapun termasuk dalam belajar beladiri harus memiliki tekad yang kuat untuk bersungguh-sunggu. Dengan berlatih secara intens dan memahami teknik kuda-kuda yang kokoh, cara melayangkan pukulan, menangkis, bertahan, menendang, hingga mendapatkan kelenturan dalam gerakan tapi sekaligus melumpuhkan dan juga menemukan reflek gerakan pasti akan mendapati hasil yang terbaik.

2. Jika sudah terbiasa push up cobalah dengan kebiasaan baru, yaitu push up dengan tumpuan bata merah

Push Up merupakan bagian latihan kekuatan fisik yang dapat kita dapati dalam cabang olah raga beladiri ,baik taekwondo, kungfu , karate,  silat dan sebagainya yang bertujuan agar latihan ini membentuk fisik menjadi kuat dan tangguh. Sehingga dalam perguruan seni beladiri tertentu orang yang memiliki kapalan ditanggannya akan disegani oleh orang  sekitar tak terkecuali teman seperguruan, artinya orang yang memiliki kapalan ditangan biasa push up dan sudah tentu power pukulan/tinjuan orang biasa.
Manfaat push up dengan metode diatas:


  • Otot lengan,otot  bahu, otot dada, menjadi lebih kekar, padat dan kuat.
  • Tangannya Tidak akan mudah terkilir, terutama di otot lengan dan bahu.
  • Aliran darah kekepala akan lebih lancar.


3. Melatih tangan agar dapat mencengkram dengan kuat


Caranya posisikan kaki kuda-kuda yang rendah dan tidak terlalu lebar juga tidak sempit tangan angkat kedepan lurus lakukan gerakan seperti meremas tangan sekuat tenaga sampai suaranya terdengar telinga, ini penting untuk mengembangkan otot-otot jari dalam menyengkram lawan dalam pertarungan.

4. Olahraga tali skiping untuk kelenturan otot

Olahraga tali sekiping atau biasa disebut lompat tali memiliki manfaat yang bagus sekali untuk  melatih kelenturan otot-otot tubuh bagian bawah dan atas. Sehingga saat kita bertarung reflek gerakan tubuh baik pukulan tangkisan tendangan akan spontan keluar dan membuat gerakan lebih indah namun tetap mematikan.

5. Biasakan Minum Kopi Pahit Satu Jam sebelum kamu latihan


Kafein yang terkandung dalam kopi pahit juga mempunyai khasiat yang baik karena bisa dapat merangsang kotoran di perut keluar. Jadi sebelum berlatih/berolahraga disarankan untuk minum  kopi pahit satu jam sebelumnya,manfaat lainnya yaitu :

Kafein dapat merangsang aktivitas fisik yang membakar kalori tambahan serta baik untuk meminimalisir kegemukan.


  • Kafein membantu kita agar lebih terjaga.
  • Kafein bisa meningkatkan metabolisme tubuh dalam sementara waktu (thermogenesis) 
  • Kafein bisa merangsang keluarnya kotoran tak berguna di dalam perut yang berbentuk urin dan keringat.

6. Rutin Meminum Air Tajin dicampur Madu Secukupnya


Air hasil cucian beras atau biasa disebut air tajin bisa digunakan sebagai obat untuk  mengobati penyakit yang menyerang pencernaan seperti kolera dan diare. Kandungan pada air tajin mengandung Glukosa, dua macam Poliglukosa, magnesium (Mg),Kalsium (Ca) dan Protein yang dibutuhkan para olahrgawan  maupun praktisi beladiri. Glukosa dalam kasus ini bisa dipakai untuk menyerap elektrolit dengan mudah, sehingga amat baik untuk mencegah dehidrasi. Glukosa polimer mampu dengan mudahnya diserap. Kandungan poliglukosanya juga bisa membuat feses padat sehingga cairan yang keluar dapat diperkecil. Protein pada air tajin amat tinggi yaitu sekitar 7-10%. Protein berfungsi dalam menunjang setiap  kandung sel tubuh untuk memproses kekebalan tubuh kamu.

1 Response to "Tips Berlatih Beladiri Praktis Untuk Meningkatkan Kemampuan"

  1. http://combatotaku.blogspot.co.id/2016/04/street-fighting.html Author, ini saya kasih bocoran mengenai teknik berkelahi yg digunakan preman dan geng berandalan dari berbagai dunia. Mereka berlatih tarung secara otodidak, terinspirasi dari Boxing lalu mereka latih sendiri, anda pasti pernah lihat video2 youtube tentang geng motor dari berbagai negara yg sedang sparring gaya tarung bebas di lapangan. Inilah beladiri yg mereka pelajari. Mereka semua agresif dan berkelahi dengan cepat, saya harap artikel ini dapat membantu anda dalam memahami bagaimana strategi menghadapi penjahat dalam pertarungan asli.

    BalasHapus